Fungsi Virtual Memory (RAM) pada Android

Fungsi Virtual Memory (RAM) pada Android – RAM adalah salah satu aspek penting yang harus kita pertimbangkan ketika ingin membeli smartphone android baru. Besar kecilnya RAM sendiri akan sangat mempengaruhi kinerja ponselmu. Kini telah hadir fitur yang baru di OS android terbaru, yang bernama Virtual Memory (RAM), lalu apa fungsi sebenarnya?

Apa Itu RAM?

Sebenarnya, apa sih RAM itu? RAM atau Random Access Memori merupakan tempat penyimpanan data internal pada ponsel. Besaran RAM android sendiri beragam, mulai dari 256 MB, 512 GB, 1 GB, 2 GB, 3 GB, 4 GB, dan ada juga yang 8 GB. Tergantung ponsel itu sendiri. Semakin besar RAM-nya, biasanya harga smarthonenya juga akan semakin mahal.

Dulu sebelum teknologi secanggih sekarang, RAM ponsel masih memiliki kapasitas yang kecil dan terbatas. Hal ini tentu saja akan membuat kinerja ponsel juga jadi terbatas.

Fungsi Virtual Memory (RAM) pada Android

Berikut ini ada beberapa fungsi penting yang dimiliki RAM di android :

  • Sebagai tempat penyimpanan sementara ponsel androidmu.
  • Mendukung proses kerja multitasking. Contoh, membuka multiple page dalam satu layar, membuka dan menjalankan lebih dari 1 aplikasi pada saat yang bersamaan, dan pekerjaan multitasking lainnya.
  • Membaca dan menyimpan data yang ada dalam androidmu.
  • Mendukung kelancaran bermain game. Semakin besar RAM androidmu, maka akan semakin mulus juga game yang kamu jalankan. Begitu pula sebaliknya.
  • Mempercepat pemrosesan data pada suatu perangkat. Makin besar kapasitas RAM-nya, maka semakin cepat pula perangkat tersebut bekerja. Karena itulah, ponsel yang dilengkapi dengan RAM yang besar akan lebih fast response.
  • Menyimpan data yang berasal dari piranti input hingga dikirim ke ALU (Arithmetic Logic Unit) untuk kemudian diproses.
  • Menyimpan data hasil pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti output.
  • Menampung program/instruksi yang berasal dari perangkat input atau dari perangkat sekunder.  

Itu dia beberapa Fungsi Virtual Memory (RAM) pada Android.

Apakah RAM Mempengaruhi Kinerja Ponsel Android?

Besar kecilnya RAM tentu akan mempengaruhi kinerja smartphone androidmu secara keseluruhan. RAM sendiri juga memiliki prinsip kerja yang hampir sama dengan memori internal. Hanya saja, kemampuan read & write (membaca dan menulis) RAM jauh lebih mumpuni sekaligus lebih cepat dibandingkan dengan internal storage (penyimpanan internal) ponsel androidmu.

Dengan adanya RAM, kamu bisa membuka aplikasi yang baru saja kamu gunakan dengan lebih cepat dan lancar. RAM akan menyimpan file sistem ataupun data dari aplikasi yang baru saja kamu gunakan untuk sementara waktu. Ketika kamu membuka aplikasi tersebut, maka prosesnya akan lebih cepat lantaran data sebelumnya telah tersimpan dalam RAM ini.

Awalnya, file sistem dan aplikasi akan tersimpan di internal storage ponsel. Ketika tengah dibuka atau dijalankan, file/aplikasi tersebut akan dimuat kedalam RAM agar ponsel androidmu bisa menjalankannya dengan lebih mudah. Ketika file/aplikasi tersebut sudah tak terpakai lagi, maka secara otomatis RAM akan menghapusnya.

Sehingga ruang yang digunakan untuk menjalankan/membuka aplikasi sebelumnya bisa digunakan untuk menjalankan file/aplikasi lainnya. RAM ini juga berfungsi sebagai pendukung spesifikasi androidmu yang lainnya ya karena biasanya smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi pasti membutuhkan dukungan RAM yang besar pula agar kinerjanya optimal.

Nah, buat kamu yang menjalankan berbagai tugas berat seperti video conference, main game, edit-edit video di android. Maka akan lebih baik kalau kamu memilih ponsel android yang memiliki kapasitas RAM besar agar ponselmu tidak mudah ngelag atau justru nge-hang ya.

x

You May Also Like

About the Author: Teknotaois

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *