Tutorial Mempercepat Koneksi Internet Androidmu

Streaming film, main game online, membaca webtoon, surfing di Google, main medsos, dan sejenisnya terganggu dikarenakan koneksi internet androidmu yang lemot? Kadangkala, koneksi internet di android begitu sangat lambat sehingga aktivitas di atas tentunya jadi terhambat. Lalu bagaimana cara mempercepatnya? Nah, untukmu yang tengah mengalami masalah ini berikut ada beberapa solusi ampuh buatmu yang sedang mengalami masalah ini. Yuk simak Tutorial mempercepat koneksi internet di smartphone androidmu:

Mengaktifkan Ad Blocker

Yang pertama nih, kamu bisa mengaktifkan Ad-Blocker di browser androidmu. Beberapa browser seperti Opera dan UC Browser telah dilengkapi dengan fitur ini. Iklan-iklan yang terus muncul ketika kamu mengakses browser tentunya akan mengkonsumsi lebih banyak data dan membuat koneksi internetmu jadi lebih lambat.

Tutorial Mengaktifkan Ad-Blocker di Opera :

  • Buka Opera di androidmu.
  • Klik menu profile yang ada di bagian pojok kanan web.
  • Pilih menu aktifkan “Pemblokiran Iklan”
  • Selesai

Hapus Cache Browser

Kedua, kamu bisa menghapus cache aplikasi yang telah menumpuk di ponselmu. Cache-cache ini akan membuat koneksi internet ponsel androidmu jadi lebih lemot, berikut ini cara hapus cache di android :

  • Buka menu “Settings/Pengaturan” di android kamu.
  • Pilih menu “Kelola Aplikasi” atau “Management Aplikasi”, cari dan pilih browser yang sering kamu gunakan. Kemudian pilih aplikasi browser tersebut.
  • Pada bagian “Penggunaan penyimpanan”, lihat ke bagian bawah kamu akan melihat total size dari “Cache” aplikasi tersebut. Klik “Bersihkan Cache” atau “Hapus Cache”.

  • Selesai.

Baca Juga: Mengatasi Smartphone Android yang Terasa Berat dan Lemot

Gunakan VPN

Ketiga, untuk mempercepat koneksi internetmu. Kamu juga bisa menggunakan VPN, untuk menggunakan VPN ini sendiri. Kamu harus mengunduh aplikasi VPN di Google Play Store. Atau kamu bisa menggunakan aplikasi browser yang memiliki fitur VPN gratis. Contohnya adalah Opera.

Berikut ini tutorial mengaktifkan VPN di Opera Browser :

  • Buka Opera di androidmu.
  • Klik menu profile yang ada di bagian pojok kanan web.
  • Pilih menu aktifkan “VPN” selesai. (VPN di Opera hanya bisa digunakan di tab pribadi)

Ganti Provider

Keempat, kalau dirasa koneksi internet yang buruk diakibatkan oleh provider yang saat ini kamu gunakan. Maka, kamu bisa mengganti provider yang kamu miliki. Admin sarankan agar kamu melakukan survey dulu, provider apa yang memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil di daerah kamu tinggal. Pastikan kamu memilih provider penyedia jaringan/kartu yang sinyalnya paling bagus di area tempat tinggalmu.

Restart ponselmu

Jika dirasa koneksi internetmu lemot, maka kamu bisa me-restart ponselmu. Berikut caranya :

  • Tutup semua aplikasi yang tengah berjalan di latar belakang.
  • Tekan lama pada menu power androidmu.
  • Akan muncul opsi “Matikan” atau “Muat Ulang”
  • Pilih opsi “Muat Ulang”
  • Ponselmu akan restart.

Matikan Tethering

Ketika kita menyalakan tethering, kita akan berbagi data pada orang lain sehingga akan membuat koneksi internet jadi lebih lemot. Cara mematikan tethering ini pun mudah sekali. Cukup matikan ikon tethering yang menyala di ponselmu.

Aktifkan fitur data saver

Selanjutnya, kamu juga bisa mengaktifkan data saver. Beberapa ponsel android memiliki fitur ini dan bisa Anda temukan di menu dropdown ponsel atau di pengaturan. Untuk beberapa social media seperti Twitter dan Facebook, kamu bisa mengaktifkan “mode gratis” untuk mempercepat koneksi internetmu. Dengan mengaktifkan mode ini, beberapa tampilan mungkin akan dibatasi.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa Tutorial Mempercepat Koneksi Internet yang bisa kamu coba. Cara-cara untuk mempercepat koneksi di ponsel android adalah : mengaktifkan Ad Blocker, menghapus Cache, menggunakan VPN, mengganti Provider jaringan, restart ponsel, mematikan tethering, hingga mengaktifkan fitur data saver. Semoga tutorial diatas bermanfaat,

x

You May Also Like

About the Author: Teknotaois

Leave a Reply

Your email address will not be published.