Apa Fungsi dari NFC Pada Android, Begini Cara Kerjanya!

Near Filed Communication disingkat jadi NFC adalah konektivitas yang berfungsi menghubungkan dua perangkan elektronik dengan cara mendekatkan dua perangkat elektronik tersebut. Pada umumnya, jarak kedua perangkat tersebut haruslah berjarak beberapa sentimeter.

Salah satu gambaran umum dari fungsi NFC pada android ini bisa mentransfer data sesama smartphone yang mendukung NFC dengan instan tanpa ribet. Seperti mentransfer kontak, gambar, video, dan semua itu bisa dilakukan dengan lancar dan tanpa gangguan, berbeda dengan metode bluetooth dan jenis transfer lainnya.

Namun, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa tidak semua smartphone android mendukung fitur NFC ini. Bagaimana cara mengecek HP kamu mendukung NFC atau Tidak?

Cara cek NFC pada Smartphone Android

  • Pertama-tama buka Pengaturan atau Settings pada HP kamu
  • Kemudian, pada kolom pencarian ketikkan “NFC

    Ketikkan “NFC” pada kolom pencarian pengaturan seperti di gambar
  • Klik menu NFC
  • Kemudian aktifkan dengan cara menggeser toggle NFC ke posisi on atau sampai berwarna hijau.

    Jika sudah seperti di gambar, artinya NFC telah aktif.

Fungsi NFC Pada Android dan Bagaimana Cara Kerjanya

Nah, jika sudah berhasil mengikuti langkah-langkah di atas. Dengan begitu smartphone android kamu mendukung fitur NFC dan telah mengaktifkannya. Selanjutnya bagaimana? Selanjutnya kamu pahami dulu, apa saja kegunaan dari NFC ini. Dan bagaimana cara penggunaannya pada HP Android.

NFC Sebagai Sistem Pembayaran

Untuk menjadikan HP Android kamu sebagai alat pembayaran dengan NFC, kamu perlu mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Biasanya, aplikasi ini sudah bawaan pada hp android terbaru. Untuk cara pembayaran, kamu hanya perlu melakukan scan atau pemindaian dengan mendekatkan HP Android kamu ke perangkat pembayaran. Setelahnya, tinggal menekan tombol bayar.

Contoh lainnya juga bisa sebagai Smart Card. Dengan fitur NFC, kamu bisa dengan mudah mengisi atau mengecek saldo smart card e-Money atau kartu e-Toll. Caranya kamu tinggal menempelkan kartu ke bagian belakang smartphone kamu. Secara otomatis, akan terkoneksi dan membawamu ke aplikasi yang bisa dipakai untuk mengakses informasi maupun memakai saldo kartu tersebut. Ini adalah fitur yang paling banyak digunakan di indonesia.

NFC untuk saling mengirim data

Nah, kamu juga bisa saling bertukar data antar perangkat. Jika keduanya memiliki fitur NFC, caranya cukup saling menempelkan bagian belakang 2 perangkat tersebut. Tanpa memerlukan konektivitas wifi atau jaringan seluler, kamu bisa bertukar data seperti kontak, dokumen, gambar, video, serta file lainnya.

Menjalankan perintah dengan NFC Tag

Nah, fungsi satu ini juga gak kalah menarik. Dengan NFC tag ini kamu bisa memanfaatkan berbagai tugas yang rumit. Kamu bisa memprogram suatu tugas atau NFC tag agar dapat berjalan otomatis. Seperti mengucapkan “selamat malam” untuk keluarga atau kerabat anda. Sehingga tidak perlu mengetik secara manual. Untuk kamu yang ingin beli program NFC tag ini, bisa di tokopedia ya.

Menandai Lokasi dengan NFC

Dengan melakukan check in menggunakan sistem Location Based Service (LBS) kamu bisa memberitahukan posisi kamu pada suatu tempat. Misalnya, ketika kamu mengunjungi sebuah toko. Kamu dapat mengscan atau memindai tag yang memberikan informasi peta lokasi toko yang kamu kunjungi itu.

Jadi, dengan NfC tag khusus, kamu bisa check in maupun check out di suatu gedung. Misal hotel, atau perkantoran yang sudah dilengkapi dengan NFC.

Itu dia informasi seputar Fungsi dari NFC Pada Android. Kalau masih ada pertanyaan lagi seputar topik ini,

You May Also Like

About the Author: Teknotaois

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.