Fitur-Fitur Terbaru yang Hadir pada Windows 11

Setelah peluncurannya, Microsoft mendapat respon baik dari para pengguna maupun pakar terkait Windows 11 ini. Saat ini, kurang lebih Win 11 telah diinstall oleh 16% PC di dunia. Bagi pengguna Windows 10 pun, microsoft memberikan upgrade gratis dari Windows 10 ke Windows 11. Namun, apa sajakah fitur-fitur terbaru yang hadir pada Windows 11 ini yang tidak ada pada pendahulunya? Mari simak dulu penjelasan teknotaois berikut ini.

Sekilas Tentang Windows 11

Windows 11 (kode : Sun Valley) merupakan sistem operasi penerus Windows 10, yang merupakan rilis utama dari sistem operasi Windows NT yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows 11 ini diumumkan pada acara Microsoft pada 24 Juni 2021 dan dirilis secara resmi pada tanggal 5 Oktober 2021.

Awalnya Windows 11 ini adalah OS regenerasi Windows 10X untuk perangkat model lipat namun dibatalkan. Alasanya karena kepopulerannya tidak akan sebesar Windows 10.

Perbedaan Antara Windows 10 dan Windows 11

Windows 11 ini menampilkan perubahan yang cukup besar pada Shell Windowsnya, seperti menu Start yang telah didesain ulang, penggantian live tiles dengan panel widget yang terpisah di taskbar, teknologi game baru, kemampuan membuat set ubin jendela yang bisa diminimalkan dan dipulihkan dari taskbar sebagai group, default browsernya telah berganti dari Internet Explorer (IE) menjadi Microsoft Edge berbasis Chromium, lebih banyak fleksibilitas yang didistribusikan melalui Microsoft Store, mendukung operasi android di komputer berbasis Windows 11, peningkatan persyaratan sistem, antarmuka pengguna yang diperbaharui sesuai dengan pedoman Fluent Design Microsoft, dan sebagainya.

Apa Saja Fitur-Fitur Terbaru yang Hadir pada Windows 11?

· User Interface yang Lebih Modern dan Simple

Pertama, user interface atau tampilan antarmuka pada Windows 11 ini dinilai lebih sederhana namun memunculkan kesan yang lebih modern dan elegan. Temanya sendiri masih sama dengan seri windows sebelumnya yakni menggunakan warna dominan biru dan putih.

User interfacenya sendiri bisa dibilang lebih mengutamakan sisi fungsionalitas dari penempatan setiap ikon dan fiturnya. Sehingga, tidak ada fitur yang tak terlalu penting yang akan ditampilkan di halaman antarmuka.

· Tombol Start yang Berpindah ke Tengah

Selanjutnya, kita akan membahas fitur start button di Windows 11 yang memiliki perbedaan yang cukup menonjol dibandingkan dengan seri Windows sebelumnya. Jika pada generasi Windows 10 kebawah start buttonnya terletak di kiri, maka di Windows 11 ini start buttonnya terletak di tengah taskbar. Hal ini tentunya membuat posisi start button jadi lebih strategis dan mudah ditemukan.

· Kehadiran Fitur Multitasking Virtual Desktop

Selain itu, Windows 11 mampu menghadirkan Virtual Desktop yang secara default berada di taskbar. Hal ini tentunya akan sangat menunjang pekerjaan multitaskingmu lantaran kamu bisa berganti desktop dengan lebih mudah.

· Dukungan Android

Kadangkala kita membutuhkan aplikasi-aplikasi android untuk dijalankan di PC. Contohnya saja nih, aplikasi game online berbasis android yang ingin kamu mainkan di PC milikmu. Nah, di versi Windows 10 kebawah, untuk bisa menjalankan aplikasi android di PC maka kamu membutuhkan software perantara/aplikasi pihak ketiga. Contohnya saja adalah Bluestack.

Namun, software seperti Bluestack memiliki ukuran/kapasitas yang besar yang tentunya akan membebani kinerja PC-mu (terlebih untuk PC dengan spesifikasi pas-pasan).

Nah, di versi Windows 11 ini kamu tak lagi memerlukan aplikasi sejenis Bluestack untuk bisa menjalankan aplikasi android di komputer lho. Hal ini disebabkan karena Windows 11 telah mendukung operasi aplikasi android. Jadi, kamu bisa langsung mengunduh dan menginstal aplikasi android yang kamu inginkan melalui App Store.

· Fitur Microsoft Teams yang Bisa Diakses dengan Lebih Mudah

Selain kehadiran virtual desktop yang semakin mempermudah pekerjaan multitaskingmu. Di Windows 11, kamu juga bisa mengakses Microsoft Teams dengan lebih mudah lantaran secara otomatis fitur ini telah terintegrasi dengan OS dan berada di taskbar. Tampilannya sendiri juga akan diperbaharui.

· Fitur Customize Layout Aplikasi

Fitur selanjutnya adalah fitur customize layout aplikasi. Ketika kamu ingin melakukan minimize di Windows 11, kamu bisa memilih layout berbeda untuk tiap aplikasinya. Fitur ini tentu saja sangat penting guna mendukung kegiatan multitasking para penggunanya.

· Fitur Snap Layout

Fitur-Fitur Terbaru yang Hadir pada Windows 11 selanjutnya adalah fitur Snap Layout. Fitur ini memungkinkanmu untuk meletkkan 2 – 4 jendela sekaligus dalam 1 layar. Cara menggunakan fitur satu ini cukup mudah lho, kamu hanya perlu mengarahkan mousemu ke ikon memaksimalkan jendela, kemudian kamu bisa memilih opsi layout yang muncul.

Fitur ini memiliki beberapa fitur pengelolaan eksklusif yang membuat pengelolaan aplikasimu jadi jauh lebih mudah.  Kamu pun tidak perlu lagi membuang waktumu untuk mengkonfigurasi semua aplikasi secara manual lho. Selain itu, Windows akan mengingat tata letak Snap Layout ini dan mengelompokkannya sesuai dengan itu.

· Fitur Microsoft Edge Jadi Default Browsernya

Jika sebelumnya, default browser dimiliki oleh Internet Explore. Maka, di Windows 11 hal tersebut tak berlaku lagi lantaran default browsernya sekarang telah berubah menjadi Microsoft Edge.

Selain itu, Microsoft Store pada Windows 11 juga mengalami beberapa perubahan. Update ini tentunya akan menghadirkan UI yang lebih user friendly, serta menyediakan tema dan ekstensi untuk Microsoft Edge.

· Adanya Fitur HDR Otomatis dan Refresh Rate Dinamis untuk Keperluan Gaming

Pada platform barunya, Windows 11 juga mengumumkan kehadiran fitur HDR otomatis. Kehadiran fitur ini tentu saja akan semakin meningkatkan pengalaman visualmu ketika bermain dalam sebuah game.

Selain itu Windows 11 juga hadir dengan dukungan refresh rate yang dinamis. Jadi, ketika kamu memiliki layar dengan refresh rate yang tinggi maka kamu akan mendapatkan pengalaman menonton dan bermain game yang lebih mulus.

· File Explorer-nya yang Telah Didesain Ulang

Nah, di Windows 11 ini hadir pula pembaharuan pada File Explorernya. File Explorer baru pada Windows 11 ini terlihat lebih modern dan telah didesain ulang. Muncul ikon dengan model terbaru, menu konteks, dan bilah perintah yang baru pada bagian atas halaman.

Desain baru File Explorer ini juga lebih fokus pada fungsionalitas dan membuat pekerjaan manajemen file jadi jauh lebih mudah.

· Pembaruan Windows yang Lebih Cepat

Selama pengumuman yang diberikan, pihak Microsoft juga berjanji bahwa Windows 11 juga akan menawarkan proses pembaharuan yang jauh lebih cepat dan lancar. Selain itu, Windows 11 juga telah hadir dengan dukungan mekanisme instalasi latar belakang yang membuat proses pembaharuan jadi jauh lebih cepat dan efisien dibandingkan sebelumnya.

Pembaharuan baru juga menjadi 40% lebih kecil dibandingkan dengan sebelumnya sehingga akan semakin menghemat data dan waktu para penggunanya.

Baca juga: Cara Mengamankan File atau Folder pada Windows 11

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa Fitur-Fitur Terbaru yang Hadir pada Windows 11. Fitur tersebut antara lain adalah : user interface yang lebih modern dan simple, tombol start yang berpindah ke tengah , kehadiran fitur multitasking virtual desktop, dukungan android, fitur microsoft teams yang bisa diakses dengan lebih mudah, fitur customize layout aplikasi, fitur snap layout, fitur microsoft edge jadi default browsernya, adanya fitur hdr otomatis dan refresh rate dinamis untuk keperluan gaming, file explorer-nya yang telah didesain ulang, dan pembaharuan windows yang lebih cepat.

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat ya.

x

You May Also Like

About the Author: Teknotaois

Leave a Reply

Your email address will not be published.