(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

14 Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Windows 10 – Pengguna Windows 10 mungkin beberapa pernah mengalami saat aplikasi tidak bisa dibuka.

Hal ini memang bisa disebabkan oleh beberapa hal, sehingga untuk mengatasinya bisa menyesuaikan dengan penyebab masalahnya.

Namun, apapun permasalahannya, Anda perlu mengatasinya dengan benar, agar kendala seperti aplikasi tidak bisa dibuka di Windows 10 tidak perlu terjadi lagi.

Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

Seperti yang telah dikatakan di atas, ada banyak penyebab aplikasi tidak bisa dibuka di Windows 10. Berikut beberapa di antaranya:

Masalah dengan sistem operasi Windows 10

Sistem operasi Windows 10 bisa menjadi penyebab utama mengapa aplikasi tidak bisa dibuka.

Terkadang, file sistem Windows 10 dapat rusak atau hilang, yang dapat memengaruhi kemampuan sistem untuk menjalankan aplikasi. 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba untuk melakukan perbaikan sistem dengan menggunakan perintah “sfc /scannow” di Command Prompt. 

Anda juga dapat mencoba memperbarui atau menginstal ulang sistem operasi Windows 10.

Masalah dengan aplikasi itu sendiri

Jika aplikasi tidak dibuat dengan baik atau ada masalah dalam kode aplikasi, ini dapat memengaruhi kemampuan aplikasi untuk berjalan. 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba menghapus dan menginstal ulang aplikasi. 

Jika masalah persisten, Anda dapat mencoba untuk mencari pembaruan untuk aplikasi tersebut atau menghubungi pembuat aplikasi untuk mendapatkan bantuan.

Driver perangkat keras bermasalah

Driver perangkat keras yang usang atau tidak cocok dapat memengaruhi kemampuan aplikasi untuk berjalan. 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba untuk memperbarui driver perangkat keras Anda atau mencari versi driver yang lebih baru.

Antivirus atau program keamanan memblokir aplikasiAntivirus atau program keamanan memblokir aplikasi || Masalah aplikasi tidak bisa dibuka di windows 10

Antivirus atau program keamanan dapat memblokir aplikasi yang berjalan. 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba menonaktifkan sementara antivirus atau program keamanan lainnya dan mencoba membuka aplikasi lagi. 

Jika aplikasi dapat berjalan dengan sukses, Anda dapat menambahkan aplikasi ke daftar keamanan di antivirus atau program keamanan untuk memastikan tidak diblokir di masa depan.

Ruang penyimpanan penuh

Ketika ruang penyimpanan pada perangkat Anda hampir penuh, ini dapat memengaruhi kemampuan aplikasi untuk berjalan. 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba membersihkan file yang tidak perlu atau menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan untuk membebaskan ruang penyimpanan.

Akun pengguna bermasalah

Ketika ada masalah dengan akun pengguna di Windows 10, ini dapat memengaruhi kemampuan aplikasi untuk berjalan. 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba membuat akun pengguna baru dan mencoba membuka aplikasi dari akun yang baru.

Aplikasi tidak diatur dengan benar

Beberapa aplikasi memiliki pengaturan yang dapat mempengaruhi kemampuan aplikasi untuk berjalan.

Misalnya saja, aplikasi mungkin tidak bisa berjalan jika pengaturan privasi pada aplikasi tidak diatur dengan benar.

Dalam permasalahan ini, Anda tentunya bisa mengatasi dengan mencoba meninjau pengaturan aplikasi dan memastikan bahwa semua diatur dengan benar.

Aplikasi tidak kompatibel dengan Windows 10 terbarumasalah aplikasi tidak bisa dibuka di windows 10

Beberapa aplikasi mungkin memang tidak kompatibel dengan dengan update Windows 10 terbaru.

Jika Anda memang benar-benar membutuhkan aplikasi tersebut, ada baiknya untuk tidak menginstal atau menghapus update Windows 10 terbaru untuk melihat apakah itu memperbaiki masalahnya.

File aplikasi rusak

Ketika file aplikasi rusak atau tidak lengkap, ini dapat memengaruhi kemampuan aplikasi untuk berjalan. 

Cobalah instal ulang aplikasi atau mengupgrade aplikasi yang ada dengan versi terbaru.

Masalah dengan pengaturan firewall

Firewall pada Windows 10 dapat memblokir akses aplikasi ke internet atau jaringan, yang dapat memengaruhi kemampuan aplikasi untuk berjalan.

Cobalah untuk meninjau pengaturan firewall dan memastikan bahwa aplikasi tidak diblokir oleh firewall.

Perangkat keras yang tidak memadai

Jika perangkat keras pada komputer Anda tidak cukup kuat untuk menjalankan aplikasi, ini dapat memengaruhi kemampuan aplikasi untuk berjalan. 

Anda dapat mencoba meninjau spesifikasi perangkat keras Anda dan memastikan bahwa itu memenuhi persyaratan sistem untuk aplikasi yang ingin Anda jalankan.

Perangkat lunak pihak ketiga bermasalah

Perangkat lunak pihak ketiga, seperti program utilitas atau driver perangkat keras pihak ketiga, dapat memengaruhi kemampuan aplikasi untuk berjalan. 

Anda dapat mencoba menonaktifkan sementara perangkat lunak pihak ketiga dan mencoba membuka aplikasi lagi untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah.

Komputer terinfeksi malware atau virus

Jika komputer Anda terinfeksi malware atau virus, ini dapat memengaruhi kemampuan aplikasi untuk berjalan. Anda dapat mencoba menjalankan program antivirus atau antimalware dan memindai komputer Anda untuk mencari dan menghapus malware atau virus.

Memori yang tidak memadai

Jika komputer Anda tidak memiliki cukup memori untuk menjalankan aplikasi, ini dapat memengaruhi kemampuan aplikasi untuk berjalan. 

Coba untuk menambahkan memori ke komputer Anda atau menutup aplikasi lain yang sedang berjalan untuk membebaskan memori.

Demikian beberapa penyebab umum dan cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Windows 10. Namun, jika masalah terus berlanjut, Anda dapat mendatangi counter service terdekat untuk membantu mengatasi masalah ini.

You May Also Like

About the Author: Tekno