(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized: Panduan Lengkap

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized: Panduan Lengkap

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized – Apakah Anda pernah mengalami masalah ketika mencolokkan USB device ke komputer Anda dan mendapatkan pesan “USB Device Not Recognized“? Ini adalah masalah umum yang dapat dialami oleh siapa saja, dan dapat terjadi pada berbagai jenis perangkat, mulai dari flash drive hingga mouse dan keyboard.

Jika Anda sedang mencari solusi untuk masalah ini, maka artikel ini tepat untuk Anda. Di sini, kami akan membahas semua cara mengatasi USB device yang tidak terdeteksi pada komputer Anda.

USB device yang tidak terdeteksi dapat menjadi masalah besar, terutama jika Anda perlu mengakses data yang tersimpan pada perangkat tersebut. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan melakukan beberapa langkah sederhana. Di bawah ini adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah USB device yang tidak terdeteksi.

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized: Panduan Lengkap

1. Periksa Kabel USB dan Port

Salah satu alasan mengapa USB device tidak terdeteksi adalah karena kabel USB yang tidak terhubung dengan benar ke port USB di komputer. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kabel USB dan port yang digunakan.

2. Matikan dan Nyalakan Kembali Komputer

Cara lain untuk mengatasi masalah USB device yang tidak terdeteksi adalah dengan mematikan dan menyalakan kembali komputer Anda. Terkadang, masalah ini terjadi karena gangguan sementara pada sistem, dan dengan memulai ulang komputer dapat membantu mengatasi masalah ini.

3. Periksa Device Manager

Device Manager dapat membantu Anda menemukan perangkat yang tidak terdeteksi pada komputer Anda. Untuk membukanya ikuti petunjuk berikut:

  • Tekan tombol Windows + X dan pilih “Device Manager” dari menu yang muncul.

device manager menu win x

  • Kemudian, cari perangkat yang bermasalah dan periksa apakah terdapat tanda seru kuning atau tanda lainnya yang menandakan adanya masalah.

4. Update Driver

Update driver adalah salah satu solusi untuk mengatasi masalah USB device not recognized pada komputer. Driver adalah program yang membantu sistem operasi untuk berkomunikasi dengan perangkat keras pada komputer. Jika driver tidak terupdate atau rusak, perangkat keras mungkin tidak akan berfungsi dengan benar.

Untuk melakukan update driver, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Device Manager dengan cara menekan tombol Windows + X dan memilih “Device Manager” dari menu yang muncul.

device manager menu win x

  • Cari perangkat yang bermasalah dan klik kanan pada perangkat tersebut.
  • Pilih “Update driver” dari menu yang muncul.

update driver usb

  • Pilih opsi “Search automatically for updated driver software“. Jika sistem operasi menemukan update driver terbaru, ikuti instruksi untuk menginstalnya.

Search automatically for drivers

  • Jika sistem operasi tidak menemukan update driver, Anda dapat mencari driver terbaru dari situs web produsen perangkat keras atau situs web resmi Microsoft.

5. Nonaktifkan Selective Suspend

Selective Suspend adalah fitur pada Windows yang memungkinkan komputer Anda menghemat daya dengan menonaktifkan port USB yang tidak digunakan. Namun, ini dapat menyebabkan masalah dengan beberapa perangkat USB. Untuk menonaktifkan fitur ini:

  • buka Control Panel, pilih “Power Options“, dan klik “Change plan settings” pada opsi daya yang sedang digunakan.

change what the power buttons do

  • Kemudian, klik “Change advanced power settings“, cari opsi “USB settings“, dan nonaktifkan “Selective Suspend“.

USB SELECTIVE SUSPEND SETTINGS

6. Hapus Driver USB yang Bermasalah

Jika driver USB yang bermasalah telah diinstal pada komputer Anda, itu dapat menyebabkan masalah dengan perangkat USB lainnya yang Anda hubungkan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba menghapus driver USB yang bermasalah. Buka Device Manager, cari driver yang ingin dihapus, klik kanan pada driver tersebut, dan pilih “Uninstall device“.

uninstall driver sound

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, masalah USB device not recognized pada komputer bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kabel USB yang tidak terhubung dengan baik, port USB yang bermasalah, atau driver USB yang rusak. Namun, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini seperti memeriksa kabel dan port USB, mematikan dan menyalakan kembali komputer, mengupdate driver, menonaktifkan Selective Suspend, menghapus driver USB yang bermasalah, atau me-restart layanan USB pada komputer.

Jika semua Cara Mengatasi USB Device Not Recognized di atas tidak berhasil, ada kemungkinan masalahnya terletak pada USB controller di BIOS komputer atau mungkin perlu dilakukan reinstall sistem operasi. Dalam setiap kasus, pastikan Anda telah membackup data Anda terlebih dahulu sebelum mencoba solusi yang lebih drastis.

You May Also Like

About the Author: Nasrudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *